Cara Menggambar Wajah Secara Manual Menggunakan Pensil

13 Okt 2011

|
Bagi pemula mungkin merasa menggambar wajah orang hingga detail terasa sulit apalagi kalau menggambar wajah seseorang hingga persis, karena sedikit saja kesalahan akan membuat wajah yang kita gambar tidak persis dengan wajah sebenarnya. (kok tahu? karena saya juga sering mengalaminya, hehe... ). Karena saya sendiri juga masih pemula yang sedang pada tahap perkembangan ( ;D )maka saya akan memberikan tips cara menggambar wajah ala kadarnya sesuai pengalaman dan wawasan saya, gak papa kan? ( ;D ). Biarpun begitu semua gambar sketsa wajah di sini memang buatan saya.

Berikut tips cara menggambar wajah :

1. Siapkan alat dan bahan

Alatnya antara lain bisa berupa pensil, spidol, crayon (tapi dalam tips yang aku bagikan ini menggunakan pensil) sementara alat yang lain adalah rautan pensil (jika masih pemula sebaiknya menggunakan pensil dibawah 3b, tapi jangan hb), dan penghapus, ataupun penggaris. Bahannya sudah jelas kertas dan objek yang akan digambar. Jangan lupa sebelumnya pilih dulu wajah seperti apa yang ingin kamu gambar, kalau yang ingin kamu gambar berasal dari imajinasimu, paling tidak kamu sudah tahu bagaimana model wajah dalam imajinasimu itu dari raut wajah maupun ekspresinya. Kalau wajah yang ingin kamu gambar berasal dari foto atau komik maupun orang sesungguhnya, perhatikan detail-detail wajah orang itu baik dari bentuk kepala, alis mata, kerutan mata, batang hidung, bentuk mulut, dan bagian-bagian lainnya, karena semua bagian wajah itu saling berhubungan dalam membentuk ekspresi wajah. Kalau satu bagian saja digambar keliru maka ekspresi wajah yang kamu gambar sudah tampak berbeda.



2.  Mulai menggambar kontur wajah dahulu (menggambar wajah menghadap ke arah depan atau samping)

3. Kamu bisa langsung menggambar bagian wajah itu atau menggambar rambutnya terlebih dahulu. (kalau saya lebih senang menggambar rambut terlebih dahulu baru menggambar bagian wajah).


taken from Dragoart.com

- Untuk pemula saat menggambar rambut lebih baik sesuaikan dengan jenis kelamin orang yang kamu gambar. Kalau yang kamu gambar adalah laki-laki, maka rambutnya pendek, sementara perempuan maka rambutnya panjang, karena menggambar rambut panjang untuk jenis kelamin laki-laki dan rambut pendek untuk jenis kelamin perempuan sangatlah rumit (bisa-bisa yang cowo jadi banci, yang cewe jadi tomboy ;D)



- Saat menggambar bagian wajah sebaiknya apabila masih pemula menggunakan sketsa wajah terlebih dahulu (tapi ini tidak diharuskan, jujur aja sekarang saya gak suka pakai sketsa, soalnya kalau dihapus, gambarnya malah jadi kotor :D). Kalau sudah terbiasa tanpa menggunakan sketsa, kamu sudah bisa menggambar bagian wajah karena telah hafal posisi bagian-bagiannya.

4. Mulailah mengarsir rambut dan wajah. Ingat saat mengarsir wajah, perhatikan di bagian mana wajah yang kamu gambar mendapatkan sinar. Kalau bagian kanan, maka bagian wajah sebelah kiri diarsir lebih tebal untuk memberikan efek bayang-bayang. Arsirlah dengan rata.

5. Cek lagi sketsa gambar wajahmu dari tempat yang agak jauh. (kalau kamu menggambar dalam keadaan duduk, coba lihat gambar wajahmu saat kamu berdiri dari tempat dudukmu). Pasti akan terlihat perbedaan saat kamu melihat gambar wajahmu dari dekat dan dari jauh. Jika saat kamu melihat gambarmu masih tidak memuaskan, kamu bisa memperbaikinya. Kalau misalkan menurutmu arsiran gambar wajahmu tidak rata, kamu bisa menggunakan kapas untuk meratakannya (kalau malas ambil kapas pakai jari tangan juga gpp, saya juga sendiri kalau meratakan warna juga pakai jari telunjuk ;D).

*SEMOGA_BERHASIL* ^^:D^^


3 comments:

johan firmansyah mengatakan...

cuma gitu doank?ini hal2 yang gak perlu di jelasin gw juga tau

Anjar Purpito mengatakan...

nice post after all.. keep it up!

Rezal A Aziz mengatakan...

Bagus sih , tapi kalo bisa pake gambar ya !!! , step by step

Poskan Komentar

Welcome

Followers

Jumlah pengunjung

Iklan rumah dijual

Lapangan ARD

 

Corat coret


Myspace Drawing Pad at WishAFriend.com

My Watches

Doll